Korupsi Kompos Winasa Terkejut Ditahan di Polda Bali

Mantan Bupati Jembrana, Bali periode 2000-2010 I Gede Winasa shock saat mengetahui dirinya ditahan di Mapolda Bali, Rabu (19/1/2011) sekitar pukul 13.00 Wita. Winasa, tersangka kasus korupsi pengadaan mesin kompos yang merugikan negara Rp 2,3 miliar ini cukup terkejut karena undangan yang ia terima adalah pelimpahan ke Kejaksaan Tinggi, Bali bukan penahanan.

“Secara manusiawi kaget, karena undangannya kan pelimpahan tapi ternyata penahanan,” ujar Ani Andriani, kuasa hukum Winasa yang sedang mendampingi kliennya di Mapolda Bali. Ani yang datang bersama kliennya pukul 10.30 di Mapolda Bali baru mendapat kabar penahanan dari tim penyidik pukul 13.00.

Karena dinilai tidak berlandaskan hukum Winasa menolak untuk menandatangani surat penahanan yang disodorkan oleh tim penyidik. Tim kuasa hukum rencananya sore ini akan langsung mengajukan surat penangguhan penahanan terhadap kliennya.

“Alasan kami karena kami kooperatif, dan barang bukti sudah disita, dia juga tidak akan kabur dengan OC Kaligis sebagai penjamin,” jelas Ani.

Menurut penyidik, alasan penahanan Winasa karena takut tersangka melarikan diri, menghilangkan barang bukti, dan mengulangi perbuatannya.

Saat ini Winasa telah dijebloskan ke dalam rumah tahanan Polda Bali. Ketika digiring ke dalam rutan Polda Bali, Winasa enggan memberi komentar kepada wartawan dan hanya mengatakan siap saat akan ditahan. “Siap, siap,” ucap Winasa singkat.

Rencananya Winasa akan berada di rutan Polda Bali selama 20 hari atau menunggu pihak Kejaksaan siap menerima pelimpahan. “Penahanan akan dilakukan sampai jaksa siap untuk menerima pelimpahan berkas dan tersangka dari penyidik,” tandas Kabid Humas Polda Bali, Kombes Pol Gede Sugianyar Dwi Putra.

Seperti diberitakan, Polda Bali melakukan penahanan terhadap Winasa mulai Rabu (19/1/2011) setelah seluruh berkasnya lengkap.

By : kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: