Jaksa Agung Baru Janji Tuntaskan Kasus Gayus

Dua kasus yang menjadi perhatian publik, korupsi Sisminbakum (Sistem Administrasi Badan Hukum) dan perkara mafia pajak Gayus HP Tambunan akan diselesaikan pada awal tahun.

Itu disampaikan Jaksa Agung baru Basrief Arief setelah dilantik Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Jumat. Hadir dalam pelantikan itu, Wapres Boediono dan pimpinan lembaga tinggi negara termasuk para menteri Kabinet Indonesia Bersatu. “Awal tahun kan sebentar lagi,” tambah Basrief.

Ia mengatakan pihak akan melakukan koordinasi dengan para lembaga hukum, baik Komisi Pemberantasan Korupsi maupun Kepolisian. “Saya akan mengajak untuk duduk bersama membahas yang kita hadapi sekarang ini,” tutur Basrief.

Dalam kasus Sisminbakum, Basrief menilai kasus itu tidak mengendap dan masih dalam penyidikan dan nanti akan terus kita pantau. “Sisminbakum juga menjadi perhatian khusus, sekarang ini yang rame-rame `gonjang-ganjing` kan masalah Gayus yang juga melibatkan jaksa di situ. Tahun depan kan tinggal sebulan lagi. Insya Allah nanti kita coba,” tuturnya.

Ia berjanji untuk melihat perkembangan penyidikan kasus-kasus yang menarik perhatian masyarakat termasuk pengumpulan bukti-bukti untuk merumuskan waktu yang tepat bagi penyelesaian kasus.

Terkait dugaan keterlibatan jaksa dalam kasus Gayus, Basrief mengatakan tidak akan ragu mengambil tindakan sesuai dengan ketentuan hukum berlaku apabila memang ditemukan tindak pidana.

Saat ditanya apa pesan SBY?, ia mengatakan presiden meminta dirinya agar fokus dalam penegakan hukum dan tidak terkontiminasi dengan masalah lain. Bahkan, agar dirinya fokus dalam penegakan hukum itu, Basrief telah mengundurkan diri sebagai konsultan hukum pada kantor konsultan hukum dan investasi SH&R.

Basri menegaskan dirinya akan menunjukan kinerjanya sebagai Jaksa Agung untuk menjawab kritikan terhadap dia dalam memimpin Kejaksaan Agung. “Saya menganggap wajar kalau ada yang menilai beberapa kalangan meragukan kemampuannya,” tutur dia.

Ditemui usai menghadiri pelantikan Basrief, Menko Polhukanm Djoko Suyanto menerangkan pemilihan Basrief Arief sebagai Jaksa Agung oleh Presiden SBY telah melalui proses pengumpulan saran dari berbagai pihak.

“Tentu SBY melihat dari berbagai aspek seperti, pengalaman, pendidikan termasuk hubungan Basrief dengan aparat penegak hukum,” papar Djoko. (johara/dms)

by : google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: