10 Pemain Favorit Terbaik Eropa 2010

Wesley Sneijder

Piala Dunia 2010 telah berakhir. Penghargaan Ballon d’Or atau gelar Pemain TerbaikEropa tahun ini untuk pertama kalinya akan digabung dengan pemberian gelar PemainTerbaik Dunia versi FIFA di mana pemenangnya akan bergelar FIFA Ballon d’Or akanDiberikan pada Januari mendatang. Keputusan itu diambil oleh Presiden FIFA Sepp Blatter ketika berlansgungnya Piala Dunia. “Pemenangnya adalah sepak bola di mana pemenangnya akan dipilih oleh pelbagai pelatih dan kapten tim nasional serta jurnalis media.

Di bawah ini terdapat 10 pemain bintang yang berpeluang meraih gelar yang saat inimasih dipegang bintang Argentina, Lionel Messi.

1. Wesley Sneijder : Inter Milan dan Belanda

 

 

 

 

 

Wesley Sneijer, 12 bulan lalu berada dalam bahaya menjadi pemain yang dilupakan. Cedera menahun dan peformanya yang luntur di Real Madrid, membuat bintang lapangan tengah Belanda itu dilepas ke Inter Milan pada 2009. Titik baliknya, Sneijder berhasil menyumbangkan gelar treble buat Nerazzurri pada Mei lalu. Penampilannya juga luar biasa di Piala Dunia 2010 dengan koleksi lima gol dan meloloskan Belanda ke babak final.

2.Xavi Hernandez:Barcelona dan & Spanyol

Posisinya di Barcelona sangat menentukan. Itu dibuktikan Xavi Hernandez kala memberi assis brilian ketika El Barca membungkam musuh abadinya Real Madrid pada laga El Clasico yang berakhir dengan kemenangan skuad Nou Camp 2-0. Penampilannya juga ciamik di Piala Dunia setelah menyumbangkan gelar pertama buat Spanyol. Itu dibuktikannya dengan menjadi raja assist (669) dengan tingkat keakurasian mencapai 81 persen.

3. Andres Iniesta: Barcelona dan Spanyol

Mempertahankan kinerjanya dengan Xavi di lapangan tengah di Barcelona, Iniesta tampil dominan di Liga Spanyol musim lalu. Julukan pahlawan Spanyol pun disematkan kepadanya setelah mencetak gol semata wayang ke gawang kiper Belanda, Maarten Stekelenburg di final.“Iniesta adalah pemain Spanyol yang paling komplit. Ia mempunyai segalanya,” puji Xavi tahun lalu.

4. Arjen Robben: Bayern Muenchen dan Belanda

Seperti kompatriotnya Snejider, penampilan Robben hampir tak berbekas musim lalu. Tak pelak Muenchen melakukan perjudian besar ketika memboyongnya dari Real Madrid. Tak ingin mengecewakan tuannya, Robben sukses menceploskan n23 gol dalam 29 pertandingan. Itu termasuk gol brilian ketika Muenchen memenangkan gelar Piala Jerman di final.

5. Diego Forlan: Atletico Madrid dan Uruguay

Gelar Sepatu Emas sebagai pemain terbaik di Piala Dunia 2010 diperoleh Diego Forlan setelah menjadi bintang Uruguay. Kiner+janya itu berbuah tempat keempat bagi Celeste-julukan Uruguay. Ia juga berhasil memberikan gelar Liga Eropa bagi Atletico setelah mengemas dua gol kemenangan ke gawang Fulham di final.

6. Thomas Muller: Bayern Muenchen dan Jerman

Nama Muller melambung seperti Roy Race, tokoh dalam komik Inggris Roy of the Rovers. Tampil pada 49 laga buat Muenchen, pemain berusia 20 tahun itu sukses mengumpulkan 19 gol musim lalu. Dari kaki panjangnya juga terkumpul lima gol ketika menemani Jerman tampil di Piala Dunia 2010. Muller juga sukses memberikan tiga assist yang membuatnya mendapatkan gelar Sepatu Emas sebagai Pemain Muda Terbaik di Piala Dunia Afrika Selatan.

7. David Villa: Barcelona dan Spain

Tanpa kehadirannya mungkin Spanyol sulit untuk bisa meraih gelar pertama di Piala Dunia. Lima gol yang dikemas El Guaje hampir membuatnya mendapatkan gelar Sepatu Emas, jika saja ia bisa mencetak gol ketika melawan Honduras. Melihat rekor gol yang telah dikumpulkannya di Valencia, Barcelona pun langsung memboyongnya sebelum dimulainya Piala Dunia.

8. Lionel Messi: Barcelona dan Argentina

Vicente del Bosque, lebih memilihnya untuk mendapatkan gelar Sepatu Emas ketimbang Thomas Muller. Messi, yang memegang gelar Ballon d’OR tahun lalu difavoritkan akan mempertahankan gelarnya setelah tampil brilian bersama Barcelona. Jumlah golnya musim lalu ditotal mencapai 34 gol dari 35 pertandingan bersama El Barca. Itu ditambah delapan gol yang dikemasnya di ajang Liga Champions termasuk satu gol ketika melawan Arsenal. Penampilannya namun melorot ketika menemani Argentina di Afrika Selatan.

9. Diego Milito:Inter Milan dan Argentina

Milito sukses menyumbangkan gol di tiga kompetisi ketika Inter meraih treble: Liga Italia, Piala Italia, dan Liga Champions. Ditotal, bintang Argentina itu sukses mengumpulkan 22 gol di Liga Italia, enam di Liga Championa dan dua lainnya di Piala Italia ditambah dua gol ketika Nerazzurri meraih gelar Benua Biru ke gawang Bayern Muenchen. Di Afrika Selatan, ia tampil selama 91 menit membela Albiceleste.

10. Iker Casillas: Real Madrid dan Spain

Tanpa kehadirannya gawang Spanyol mungkin akan menjadi bulan-bulanan tim-tim kuat di Afrika Selatan. Praktis hanya dua gol yang bersarang di jaringnya setelah memimpin La Furia Roja menjuarai gelar pertama Piala Dunia. Casillas akan dikenang sejarah sebagai kiper pertama yang berhasil memenangkan gelar Ballon d’OR sejak kiper Rusia Lev Yashin meraihnya pada 1963.

Nominasi lainnya:

Cristiano Ronaldo

Wayne Rooney

Miroslav Klose

Bastian Schweinsteiger

Didier Drogba

Frank Lampard

Fernando Torres

Maicon

by : google

2 Comments »

  1. bastian adibslankers Said:

    kok,,,, arif suryono gak ikut nominasinya


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: